Snowshoeing

Awal bulan ini saya berjanji akan mencoba kegiatan outdoor untuk menikmati winter, salah satu kegiatan yang ingin saya coba sudah pasti adalah snowshoeing! Pertama kali saya mendengar ada snowshoe adalah tahun lalu, ketika Tia yang tinggal di Boston menanyakan “Ga cobain snowshoeing Cha?”; dan langsung saya googling, baru tahu saya ada benda ini, asa ga pernah liat sebelumnya ketika tinggal di New Bedford. Bentukan vintage-nya adalah seperti ini:

Sementara yang lebih modern ada banyak pilihan, dari mulai yang tinggal distrap seperti sendal gunung hingga yang agak fancy, tapi kurang lebih kebayang ya bentukannya:

Intinya dengan menggunakan snowshoe, kita jadi bisa berjalan-jalan di atas tumpukan salju tanpa takut harus kejeblos atau kebelesek (is that a word??). Semua orang bisa ber-snowshoe-ria tanpa memerlukan skill khusus, ini yang cukup melegakan buat saya. Maksudnya, selama ini aktivitas outdoor kala winter khan butuh skill dan gear yang ga murah: skiing, cross-country skii, snowboard, ice-skating, ice hockey, beberapa di antaranya. Snowshoe butuh modal juga sebetulnya, tapi Alhamdulillah TERNYATA di Michigan Tech ada jasa peminjamannya yang cukup affordable ($10/pair/ peminjaman) dan di downtown Houghton pun ada tempat yang menyewakan. Lagi-lagi “menyesal” kenapa kurang riset ya tahun lalu? Ah tapi sudahlah, memang tahun lalu ga prioritas menjajal kegiatan-kegiatan ini dan belum ketemu teman dan komunitas yang bisa diajak snowshoeing bareng.

Kesempatan pertama untuk snowshoeing bersama komunitas saya temui secara tidak sengaja dari IG @cityofhoughton yang cukup jadi andalan saya untuk mengetahui ada keriaan apa kota tercinta, nama komunitasnya adalah Keweenaw Young Professional. Saya sempat ikutan kegiatan yang mereka adakan tahun lalu sebagai volunter di Keweenaw Color Run, tapi masih ragu-ragu untuk terlibat di organisasinya, karena tidak yakin dari namanya saja “Young Professional”; saya teh termasuk kategori young ga ya? dan terutama saya khan bukan seorang “professional”. Namun ajakan untuk snowshoeing bareng/terbuka untuk umum di McLain State Park di suatu hari Minggu yang gabut membuat saya tertarik untuk mencoba:

Jadilah minggu pagi jam 10 saya pergi ke McLain State Park dengan waktu tempuh 15 menit dari rumah. Hanya saya saja yang ikutan karena, biasalah, the boys pada males keluar rumah apa lagi di Minggu pagi. Saya meminjam snowshoe milik Ben, suami Minni, karena ternyata tempat penyewaan di Michigan Tech (yang katanya punya 230 pairs of snowshoes itu) sedang tutup (tepatnya buka tapi ga ada orang yang menjaga). Hiks.

Overall seru dan memang agak kikuk di awal menggunakan si snowshoe ya! Karena dia memanjang gitu dan agak berat (ga berat yang gimana2x sih, tapi ya cukup effort menggerakan otot dan membakar kalori lah.

Menyalin dari laman renown.org:

Though it may not have the adrenaline rush of snowboarding or skiing, snowshoeing provides significant health benefits such as:

  • Exceptional cardiovascular workout – burn up to 1,000 calories per hour!
  • Low-impact muscle building
  • Endurance building
  • Balance strengthening and agility
  • Improves your sense of well-being by connecting to nature

Kalau ada salah satu “skill” yang saya rasa saya cukup ahli, adalah kemampuan untuk jebe alias join bareng tanpa merasa awkward x) Hal ini lumrah saya lakukan dari masa kuliah rasanya, walau cuman sendiri ga kenal siapa-siapa, tapi suka sekali join trip atau kegiatan bersama komunitas yang membuka banyak pintu networking dan pertemanan baru. Bersyukur ternyata si KYP ini orang-orangnya nyambung dan seumuran (millennial awal kelahiran 1984-1988), sehingga sepanjang kegiatan snowshoeing ini saya bisa banyak ngobrol dan akan terlibat juga dalam kepengurusan organisasi ini ke depannya. Semoga istiqomah.

Snowshoe kedua adalah siang tadi bersama Megan dan Minni di Michigan Tech Trails yang hanya 4 menit berkendara saja dari rumah, lumayan banget 90 menit sembari puasa pula. Rasanya super jompo dan cape pas pulang, tapi juga happy karena jadi bisa punya kegiatan baruu yang dinikmati.

Semangat dengan sisa winter 3 bulan lagi dengan kegiatan baru ini!

Leave a comment