PANG = Pagi Ngopi Bandung

Pertama kali saya mengetahui adanya program ini adalah dari Biji Kopling – one of my favorite place to have a good cup of coffee in the morning. Karena memang di Bandung tuh rata-tata kedai kopi bukanya pukul 08.00 WIB, maka nemu tempat yang buka pukul 07.00 WIB tuh seneng banget sih!

Di Biji Kopling ini, Radit juga mulai mengadakan program PANG! yang merupakan singkatan dari Pagi Ngopi. Keistimewaan program ini adalah, kamu bisa mendapatkan kopi enak berkualitas dengan flat rate Rp10.000 saja di waktu pagi (biasanya berlangsung dalam 2 jam sejak waktu buka kedai kopi).

Program PANG! adalah potongan harga untuk kopi panas dengan susu atau tanpa susu. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 10.000 untuk mendapatkanya. 

Ketika Hellarfest 2020 kemarin saya pun baru tahu bahwa PANG! ini bukan saja ada di Biji Kopling, melainkan semua kedai kopi di Bandung yang mau partisipasi bisa ikutan juga mendaftarkan dirinya di bulan tersebut (jadi bisa jadi di bulan lain si kedai kopi ini tidak lanjut partisipasi ikutan PANG!).

Sejak tahu bahwa PANG ini tidak hanya berlangsung di Biji Kopling, maka saya jadi lebih semangat untuk bisa eksplor kedai-kedai kopi lainnya di Bandung! Hehe. Karena buat saya yang budgetnya terbatas buat jajan, beli kopi hot-based espresso yang biasanya harga normal di Rp25.000 – Rp33.000 itu agak berat sih x) Jadi dengan Rp10.000 ini bikin saya ga mikir aja kalau mau beli kopi. HAHA (mon maap emang stuck di mental mahasiswa forever).

Di postingan ini aku bagi beberapa tempat ngopi dengan PANG yah! Dua bulan terakhir aku lumayan dapat kemewahan untuk bisa keliling ke kedai-kedai ini bersama beberapa teman baikku (SUNGGUH kemewahan untuk ibu-ibu berkumpul seminggu/dua minggu sekali di waktu pagi, especially di tengah pandemi begini. Tapi please be noted, kami selalu terapkan prokes + pasti cari yang di ruang terbuka or sirkulasi udaranya bagus).

Ohya ngingetin lagi:bahwa ga semua melangsungkan ini secara terus-menerus, jadi baiknya sih kontak ke DM mereka aja untuk make sure waktu PANG per kedai kopi-nya.

Biji Kopling (Sangkuriang) – udah pasti favoritku di bawah pohon rindang. Hanya mungkin suka banyak kucing dan beberapa kali ada bau semilir dari kotoran kucing :”. Tapi donat mereka, gudeg mereka, dan segala sesuatunya tetap kesukaanku. Apalagi kalau ke sananya jalan lewatin Cisitu Dalam. BEUH. Debes. Btw ada tukang bubur enak banget di deket situ, aku biasanya makan dulu di sana sebelum nge-PANG!

Kopi Warga (Belakang Hanamasa – Dago) – one of the nicest coffee shop dengan interior manis nan estetis. Sayangnya mungkin suka rame karena emang di tengah kota banget dan super nyaman buat kerja x) Jadi pasti jadi buruan orang2x. Baru sadar fotonya udah ga ada di hape, hiks. Pakai foto dari IGS aja:

KOZI x Marawa (Kidang Pananjung) – fotonya paling banyak karena aku sesuka itu! PLUS lokasinya ada dua akses masuk, dari gang dan dari pekarangan rumah. Yang bikin aku suka mungkin selain rumahan, sirkulasi yang enak bangetttt, banyak buku anak berbahasa Jepang, dan overall suasana kayak debes aja sih. WAAA, awalnya saya ga mau bagi-bagi info tentang tempat ini karena males kalau jadi rame (HAHA). Tapi ya udah lah ya.

Happy Space (Cisitu) – rumahan dan nyaman. Ada pastry juga dan menurutku enak kopi + pastry + pelayanannya ramah. Ada setitik koleksi majalah di sana, yang di luar radar aku (majalah bisnis gitu- judulnya LUAR BIASA). Menarik!

Maza Maja (Cemara) – aku ga bisa bedain kopi enak dan kopi biasa aja x) Tapi udah dua kali ke Maza Maja ini, yaa suka-suka aja. Walau mungkin crowdnya aku rada ga pas (alias abege2x berTikTok. Oops, padahal aku khan juga main TikTok!)

Work Coffee (Sumbawa) – aku sukaaaa tempat ini karena misi mereka yang LESS WASTE MORE COFFEE. Area mereka di belakanganya juga luas (ada banyak toko lokal gitu dari mulai Jamu Bar hingga toko sepatu kulit). Favorit banget PANG di sini karena dibundling sama Roti Macan Cranberry Cream Cheese yang enak banget itu! Harganya juga jadi Rp15.000 karena bundle ini.

MicroWork Coffee (Ternate) – Secara tempat, ga kebayang sih kalau lagi rame pasti malesin x) yang jelas aku suka suasana, kopi, dan interiornya! Cup kopinya juga gemes x) Aku suka sekali.

Kedai Teko x Kozi – Buat yang dulu tinggal di Bandung pasti familiar sama Kedai Teko di deket UNPAR. Nah, mereka sekarang buka nih di Jl. Bengawan dan ada KOZI (Kozi ini franchise kopi) juga. Selain kopi bisa cobain bitter ballen, Bubur Menado, dan Poffertjes. Walau rada lama tapi ndapapa, aku rela x)

Biji Rakyat (Supratman) – Please jangan ambigu sama “Biji Abah Asep” yah, hahaha. Aku suka kedai ini karena misi mereka yang memberdayakan petani lokal!

Hamsa Coffee (Ciliwing) – Super nyempil tapi cukup menyenangkan! Cobain juga sama donatnya.

Kalau ini ga ikutan PANG, tapi kedai kopi yang pernah aku kunjungi juga dan ga nolak kalau ke sana lagi 🙂

Sekala Common Space – super hidden gem banget di daerah Awi Ligar. Pemiliknya adalah arsitek yakni Pak Apep (aku mah ga kenal tapi semua orang kenal beliau x)). Selain kopi ada makanan beratnya juga. Aku cobain nasi cumi cabe ijo (ga failed dan oke la) dan apa lagi ya… Lupa mesen apa haha. Tapi enakeun deh tempatnya 🙂

JAJI (Cigadung) – Ini ada di dalam garasi rumah! Tapi aku mah love yaa. Mereka ga ada makanan samsek dan kamu diperbolehkan membawa makanan dari luar 🙂 Kopi literan JAJI (ada di Go-Food) ini one of the best sih, aku suka banget (makasi Nur yang memperkenalkan JAJI padaku).

Sekian segini dulu yah! Semoga bisa membantu manteman menentukan mau pergi ke mana kalau nge-PANG! Nanti aku update-update lagi kalau inget x))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s