Motekar Ecological Camp

MOTEKAR merupakan kata dari bahasa Sunda. Motekar menggambarkan kata kreatif, gigih dan banyak akal. Motekar adalah mereka yang selalu ingin berkarya, bermimpi, bekerja keras, berjuang dan bertahan menaklukkan hidup.

Awal tahun 2020 Pak Ali (1000 kebun) sempat bercerita bahwa ada temannya, Bu Ani, yang memiliki sebuah lahan yang cukup luas dan akan difungsikan sebagai eco camp di daerah Punclut. Konsep tempatnya adalah agar anak dan keluarga dapat bersentuhan dengan alam, dapat melakukan kegiatan bercocok tanam, trekking, bermain permainan tradisional, melakukan art and crafts, mengenal pangan lokal, dll.

Sayangnya sebelum sempat ke sana sudah keburu pandemi. Namun di bulan Juli 2020 saya, Azka, Khalif, dan PapaAra sempat berkunjung ke sana – walau datangnya agak kesorean sehingga trekking ke hutan bambu tidak bisa kami lakukan. Kendati demikian, kunjungan ke Motekar memberi kesan tersendiri, utamanya karena memang mereka amat membatasi pengunjung agar lebih leluasa menikmati tempat tersebut.

Syukurlah di akhir tahun kemarin, Desember 2020, saya berkesempatan lagi ke sana. Kali ini bersama Ami, Momo, Abel, Runa, Nur, Dodi, Akram, Hito, Kiya, Mita, Saska, Koral, dan Sinar (anaknya Amel dan Polpot). RAME!

Pagi itu kami berkumpul dulu di Kozi Marawa, salah satu tempat kopi kesukaan saya untuk PANG (Pagi Ngopi) di Jl. Kidang Pananjung. Setelah mendapat asupan kafein yang dibutuhkan, kami melanjutkan perjalanan kurleb 22 menit dari Dago menuju Motekar Eco Camp di Jl. Pagermaneuh No.88, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Motekar menyediakan beberapa pilihan kegiatan, namun begini kira-kira rundown kegiatan kami sewaktu ke sana:

09.00 – Tiba di lokasi ; 09.20 – 10.40 Trekking ke hutan bambu (yang cukup ramah anak treknya, ga bikin cape banget apa gimana) ; 11.00 – 12.00 Makan siang (menunya nasi merah + ayam bakar + sayuran organik + sambal dadak+ bala-bala – yang ke semuanya enakkkkk banget! Disajikan juga dengan teh mint) ; 12.00 – 14.00 FREE play. Free play ini karena di lokasi tersedia mini playground, mini zoo, aneka permainan tradisional, dan pilihan untuk mandi lumpur, membuat layang-layang, dan membuat pottery.

Untuk datang ke sana harus dan kudu wajib reservasi ya! Bisa hubungi melalui Instagram.com/motekarecocamp. Kalau bingung atau dari luar Bandung dan memerlukan bantuan untuk reservasi grup, boleh kontak aku aja via DM Instagram @chiceniza 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s