Berpelesir di Bandung (1)

pelesir/pe·le·sir/, berpelesir/ber·pe·le·sir/ v 1 bersenang-senang; mencari kesenangan (kesukaan dan sebagainya):l; 2 berjalan-jalan untuk bersenang-senang; bertamasya; berpesiar.

Salah satu hal yang paling sering ditanyakan orang melalui DM Instagram saya adalah: “Mau rekomendasi tempat jalan-jalan di Bandung dong, Un/Teh/Chic/Ca/Bok/Bu/Mbak/Kak”. Ini datangnya dari beragam bentuk pertemanan maupun yang emang ga kenal samsek, tapi karena pada suka melihat “gaya jalan-jalan” saya yang mungkin berbeda (?) di InstaStory, jadinya pertanyaan ini sering diajukan. Awalnya saya selalu jawab satu-satu, tapi yang nanya makin lama makin sering x) aku khan jadi lelah menjawabnya satu-satu #eaaa. Jadi postingan ini emang dimaksudkan agar bisa dirujuk, kalau ada yang berpelesir ke/di Bandung.

Ohya, beberapa ada yang bilang ke saya: “Rasanya aneh gak sih Kak, berpelesir di kota sendiri, tapi liat Story kakak, jadi pengen jalan-jalan/ kangen Bandung”. Buat saya gak aneh, karena buat saya bagian paling menyenangkan dari menikmati tempat kita tinggal adalah dengan mengeksplornya!

Kadang banyak orang yang udah “males” duluan atau berada di titik nyaman untuk tidak lagi eksplor kota tempat tinggalnya. Padahal, kuyakin, apalagi kalau kotanya cukup besar untuk dijelajahi, akan banyak sekali hal-hal baru yang ditemui dalam keseharian. Dan hal-hal baru ini yang bikin semangat menjalani hari-hari, ya gak? Atau menjalani akhir pekan lah, katakan. Dan buat orang yang ga suka mall kayak saya, jalan-jalan dalam arti sebenarnya adalah memang jalan-jalan menikmati pengalaman atau sensasi baru, dari sudut pandang baru. Misalnya, buat yang terbiasa naik kendaraan pribadi, cobalah sesekali jalan-jalan naik angkot, DAMRI, becak, dll, sensasinya pasti berbeda khan? Nah, itu saja sudah termasuk dalam kategori berpelesir!

Yaa, buat saya yang belum dikaruniai banyak rezeki untuk berkeleluasaan berpelesir ke luar kota atau luar negeri, menjelajahi Bandung dan sekitarnya amatlah menyenangkan. Dan hal ini saya terapkan ke manapun saya pergi dan tinggal.

Ok, maap panjang bener ya ini pengantarnya xD Postingan pertama ini aku kasih list-nya dulu yaa. Nanti pas ada waktunya lagi aku akan share juga per hari dan per minat (misal menyukai sejarah, aku akan kasih rutenya). Doakan saja saya lebih rajin menulis di blog ini ketimbang di InstaStory, ya?

Rekomendasi Kuliner Bandung

Udah pasti ini yang paling banyak ditanya! Dan ini balik ke salero masing-masing ya. Kalau dari aku, aku amatlah suka tempat makan berupa warung dan kedai. Bisa jadi karena suasana tempatnya, harganya, dan tentunya makanannya.

Warung Kopi Imah Babaturan. Ini selalu menjadi tempat yang saya rekomendasikan ke SEMUA orang yang mengunjungi Bandung. REALLY. Semua makanannya gak ada yang gak enak = ENAK SEMUA. Ngangenin banget makanannya x)). Pokoknya tempat kuliner PERTAMA yang harus kalian coba adalah Imah Babaturan. Mau tongseng kambing, oseng sapi pedas, cumi cabai hijau, oseng kerang, nasi pecel, bubur lodeh, dll. Mereka sangat kreatif dalam membuat menu, dan ada menu mingguan juga. Yang hanya tersedia di minggu tersebut. Spesial sekali lah pokoknya warung ini. Plus, mereka amat concern dengan lingkungan, jadi jangan harap menemukan sedotan plastik ya? Tas kreseknya aja dari singkong, lalu ada pilah sampahnya juga. Dan walau banyak yang datang dan merokok, aku sangat mengapresiasi keberadaan ruangan non-smoking buat anak-anak dan keluarga. Selain makanan berat, ada juga Toko Teman dalam warung ini. Tersedia ragam kue modern dan tradisional yang menarik untuk dicicip.

img_8287

54953df1-7bfd-4eef-8ca4-d5e34a2293ea-1

Ohya, Vietnam Drip Coffee mereka juga favorit saya (yang dingin yaa), eskosunya juga, bala-balanya juga, bihunnya juga, aaaaa… pokoknya semuanya enak! Haha. Harganya? Dari 5 ribu saja, yang paling mahal menu Oseng Sapi Asap yaitu 40 ribu, dan itu asli ya… E.N.A.K banget!

Maaf ya aku kalau berlebihan ngasih reviewnya, wkwkkw, soalnya emang se-enak itu. Kalau datang weekend siap-siap penuh banget yaa! Plat B semua yang datang. Plat D, weekday aja datangnya ah!

Jl. Kebon Bibit No.3, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. Instagram: @imahbabaturan

Se’i Sapi Lamalera. Enak banget juga bagi pecinta Se’i! Selalu ramai tempat ini, tapi harus coba kalo ke Bandung yaa.

sei_sapi_1_1277

Jl. Bagus Rangin No.24a, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Warung Lela. Ini deket banget dari rumahku (siapeee yang nanyaa qq)…! Kebanggaan warga Rancakendal! Yamin Manis Spesial WaLe adalah kecintaanku. Buat pecinta yamin, di sinilah tempatnya (walau mungkin di Bandung Raya ini banyak yamin yaa, tapi ya cintaku tertambat di sini, karena pertama kali pindah ke Bandung di 2001 aku diajaknya ke sini sama PapaAra dan kawan-kawan TPB kala itu #sweetmemory banget lah). Selain WaLe, kalau deket-deket Rancakendal, aku juga suka ke Orbital Dago/ Warung Gati, dan Warung Taru. Ketiga warung ini pemiliknya sama dan style tempatnya juga sama.

warung_lela_1_6413

Kalau ke Warung Taru, kesukaan aku adalah bala-balanya. Kalau di Orbital selain bala-bala dan pisang gorengnya, juga ada es kopi susu Orbital yang jadi favoritku. Aku suka suasana di Warug Taru dan Orbital. Walau masih suka sebel karena ga dipisah area smoking dan non-smokingnya. Ohya, si harga di ketiga tempat ini cukup murah meriah.

img_0292-1024x768

Trus, kalau di Orbital Dago selain warung/kedai/resto ada juga gallery. Nah, di gallery ini sering ada pameran seni pastinya yaa. Jadi anak-anak harus dijaga banget kalau main, karena kalau lari-lari, dimarahin sama Mbak/Mas-nya Orbital x)) Mukanya emang suka kurang ramah si Mbak/Mas yang selalu stand by di Orbital. Tapi abaikan saja! wkwk (soalnya ini mah pendapat beberapa orang, bukan cuman aku yaa).

kafe

Warung Lela: Jl. Kupa No.6, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Orbital Dago: Jl. Rancakendal No.7, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191

Warung Taru: Jl. Ir. H. Juanda No.437, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Gang Nikmat. Yang paling menarik dari tempat ini adalah karena tempatnya kecil banget dan mengingatkanku akan suasana di kedai-kedai kecil di Tokyo #eaaa. Tapi beneran! Haha. Makanannya enak, murmer, dan menyenangkan saja melihat platingnya. Kalau mau parkir agak susah tapi yaa. Letaknya persis di sebelah Hotel Tebu. Menu kesukaanku yang telor goreng dan sambal kecombrang. WIDIHHH.

kedai2bgang2bnikmat2bbandung

53789548_832224260445999_902965976777749666_n

LLRE Martadinata Street No.205, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40113

Kineruku. Sejatinya adalah perpustakaan, namun juga sebuah tempat termenyenangkan di Bandung buatku. Kalau penat, yang terbayang pasti kongkow di Kineruku sembari ngemil pisgor, nasi ijo, teh poci, dan baca buku pilihan di sana. Tempat favorit sejak dulu kala. Tentunya, jangan lupa mampir ke Garasi Opa sekiranya lagi di sana. Jangan lupa juga untuk beli CD, buku, atau pernak-pernik lucu di bagian toko bukunya.

1*uJtbZuvLDSt5jPW7YL_oeA
Foto: Medium

Adalah bonus kalau bisa berbincang juga dengan Mas Budi dan Mbak Rani, si empunya perpustakaan tersayang ini.

p1410148

Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141

Tempat Ngopi:

Pada dasarnya saya bukan yang sesuka itu sama kopi (bukan ngopi serius), saya suka es kopi susu x) Dan, saya ga pernah (sangat minim/ kalau ga kepaksa banget) ke gerai kopi franchise luar (semacam Starbucks). Selalu dan selalu datangnya tempat kopi lokal! Tapi emang di Bandung banyakkkkk banget ya kedai kopi, super menjamur (ya pasti di kota lain juga). Ini beberapa favorit saya, lokasi-wise, harga-wise, rasa-wise.

Kopi Toko Djawa. Ahhhh… Saya sesuka itu sama tempat ini! Suka karena kopinya emang enak (es kopi susu awan favoritkuuuu), lalu suasananya, suasana Braga-nya (walau sekarang mereka ada cabang juga di Jl.Riau, persis barengan sama Gang Nikmat tadi), trus ada toko di belakang yang menjual produk lokal nan gemas. Pokoknya aku suka sekali! Harus dicoba!

Processed with VSCO with a6 preset

Dan kalau sudah ke sana, selain membeli brownie, atau donat, atau earl grey cookiesnya, sekalian yaa jelajahi Braga. Di sepanjang jalan Braga banyak sekali hal menyenangkan yang bisa ditelusuri. Apalagi kalau kamu ke sana di waktu kemarau seperti bulan Juli ini, akan banyak bermekaran bunga dari pohon Tabebuya berwarna kuning.

bdc-2018-toko-kopi-djawa-2-980x719

Jl. Braga No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Senemu 2.1. Walau itungannya masih di tengah kota, tepatnya di daerah Sangkuriang sih, tapi ya itu, tidak diketahui lokasinya wkwkw, karena diujung jalan buntu. Justru itu yang bikin menarik yaah. Di sini ada menu-menu andalan mereka juga selain kopi dan hot chocolate-nya, yakni roti-rotian dengan beragam selai homemade. Patut dicoba dan, kurasa kau akan suka juga! :). Ya, kalau ramai mungkin tidak akan ramah anak, karena pasti akan banyak asap rokok. Kalau buat berdua sama pasangan, aku lebih rekomendasikan.

dzcj5xnuyaapcgz

Kalau memesan, akan dikasih pager seperti ini:

56402206_1309769169180268_4589667914846000530_n

56436555_407306563385881_209317470665710717_n.jpg

Biji Kopling. Masih di sekitar Sangkuriang, salah satu es kopi favoritku dan tempat kongkow kala penat adalah di Biji Kopling! Jangan lupa memesan donat kampungnya juga yaa.

Jl. Sangkuriang No.16, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Mr. Guan Coffee and Library

Kopinya enak (kayaknya semua kopi selain kopi sachetan yang mengandung jagung akan aku bilang enak deh, haha). Tapi yang paling aku suka mungkin karena Mr. Guan dimiliki orang kakak beradik yang baik, sholeh, dan rupawan…#eaaaaa. Adalah Rocky dan Nicky yang bageur pisan dan mencintai kopi (dan buku). Si tempat ini diberi cerita, seolah dimiliki oleh seseorang bernama Mr. Guan yang suka bermain ping-pong (eh, apa tennis ya? wkwk lupa!). Suasananya menyenangkan sekali, cocok buat kamu yang ingin berada di bawah pohon rindang dengan angin sepoy!

mr.-guan-coffee-and-books-bandung

bdc-2018-mr-guan-2-980x719

Jl. Tampomas No.22, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262

Kopi lainnya yang jarang aku kunjungi tapi cukup “hip” dan bisa kurekomendasikan:  Kopi Bahagia (suka banget kopinya! Jangan lupa foto Instax kalo ke sana hehe),  Spadaa! Koffie (suka tempatnya yang artsy pisan), Yumaju (tempat favorit kalangan anak-anak Indie Sophisticated Bandung? haha), Kamar Tujuh Koffie (deket Gedung Sate, aku suka aja liatnya. Sekali waktu ke sana ga ada es kopi susu. Jadi ini buat ngopi yang “serius”), Masagi (suka banget dengan halaman yang super luas!), Blue Doors (suka konsep dan tempatnya walau baru sekali ke sana wkwk, tapi ini favorit orang-orang juga di Bandung), Two Cents (ini salah satu terbaik juga, cuman aku ga nyaman asap rokok dan keramaiannya), Sydwic (makanan dan cakenya juga aku suka. Tapi suka penuh banget), Sejiwa (aku cuman pernah sekali ke sana, tapi orang-orang kelihatannya suka yaa), Armor Kopi (cobain juga cireng rujaknya!).

60271863_643090926154803_5847857901435767132_n
Sydwic
SAMSUNG CSC
Blue Doors
spadaa-koffie-kedai-kopi-yang-didominasi-area-outdoor-1.jpg
Spadaa Koffie
Processed with VSCOcam with a6 preset
Armor Kopi

Waedan sih, di Bandung banyak banget toko kopi x)) Bisa liat-liat juga di pergidulu.com. Aku tadi sempet lihat, mereka rajin banget mengunjungi tiap-tiap tempat ngopi dan mengulasnya dengan sangat ciamik!

Roti/ Bakery:

Mom’s Bakery. Udah pasti terbaik se-Bandung Raya yaa. Udah enak, sehat pula! Red Velvet-nya tiap anak-anak ultah atau ada syukuran apapun pasti beli di Mom’s x)) SANDWICH-nya sih yang parah enak banget! Tak ada yang membuat sandwich seenak itu selain di Mom’s. Bisa disandingkan dengan sandwich dari Amriki bahkan, hihi.

Pokoknya Mom’s tidak pernah salah 🙂

3bew94b7db4c97ba65ad59lv

Jl. Progo No.18, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Pompidou Sweet and Savoury. Gak akan berlebihan kalau saya bilang, cupcakes terenak di Bandung ada di Pompidou! Seenak ituuuu. Dan kalau ke Pompidou bisa sekalian cuci mata brand-brand lokal di Happy Go Lucky! Tempat belanja favorit di Bandung (kalau lagi ada uang aja, kalau ga ada yaa liat-liat receh aku sudah bahagia wkwk).

img_4609

47e27c_dcf3e1cc08cc4f0e8d21cc45459ad047mv2

Jl. Ciliwung No.14, Cihapit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Bakery lawas yang patut dicoba juga: Vitasari Cihapit, Sumber Hidangan, Braga Permai, Sidodadi.

OK, segitu dulu yang di part 1 yaa. Nanti part 2, akan aku bahas Art Gallery/ Perpustakaan, Restoran, Museum, Taman/Ruang Terbuka, tempat main anak/wisata untuk anak dan keluarga, toko, pasar. WAH banyak ugak!


Semua foto: kredit pada link masing-masing yaa.

3 thoughts on “Berpelesir di Bandung (1)

  1. Terima kasih banyak, Chiccc!! Kami merasa tersanjung loh direview sama dirimu! Boleh kita repost ya di blog kita?? Terima kasih banyak sekali lagi!!!

  2. Akhirnya tulisan ini terbit! Selain ku ulang-ulang highlight Kak Cic yang roadtrip ke jateng ituh, yang tentang bandung itu juga aku liatin huhu. Salam dari silent stalker :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s