Tamasya Singkat dengan Bus Damri

Beberapa bulan (kayaknya mulai bulan Juni) terakhir saya senang melihat perubahan terhadap Bus Damri biru yang kerap lalu lalang di Kota Bandung. Karena awalnya saya benci banget sama Bus Damri yang dulu sangat identik dengan asap cumi dari knalpot dan luar biasa kucel, kumel, dan pokoknya jelek banget! Ya, dan beberapa bulan belakangan armada Bus Damri mendadak jadi terlihat cling, bersih, dan kelihatannya nyaman dan hampir selalu dalam kondisi sepi dari penumpang (entah kenapa). Armada baru ini katanya ada 165 Bus Damri biru dan kita ga perlu menunggu lama bus ini.. karena setiap 5 menit berangkat dari terminal keberangkatan.

Senang dengan warna bus-nya dan terlihat akrab buat anak-anak akibat ada logo bus dan bertuliskan “Ayo naik Bus!”

Karena penasaran, saya ajak Azka dan Khalif untuk “mencicipi” naik Bus Damri Bandung ini – pun saya sudah lama ingin ajak mereka naik TransJakarta, namun belum kesampaian hingga sekarang. Saya ingin ajak anak-anak menunggu di halte awalnya, tapi ternyata Bus Damri ini masih menganut prinsp bisa stop di mana sajaπŸ˜€ Alias sembarangan – walau secara ideal hanya boleh berhenti di stopan bus (walau tanpa halte). Halte-halte yang sedang atau sudah dibangun di Bandung memang belum berfungsi optimal, karena Trans Metro Bandung masih jarang banget – dan mungkin jumlah haltenya masih terlalu sedikit ya.

IMG_0449

Jumat kemarin, sehabis pulang sekolah dan selesai makan siang, kami bertiga tanpa rencana matang langsung impulsif untuk “yuk ah! naik bus!”. Kami naik dari Terminal Dipati Ukur. Tidak terlalu ramai penumpang, jadi kami bisa leluasa duduk sendiri-sendiri. Sampai ketika pak kondektur datang, saya tanyakan: Apakah anak dikenakan full charged? Dia menjawab: “kalau anaknya duduk sendiri, bayar penuh Bu”. Baiklah, dengan demikian kami membayar Rp.5000/ orang (tarif jauh dekat). Dan rupanya selama perjalanan ke Leuwi Panjang (terminal tujuan), saya sampai ditanya 3 kali (kayaknya ada post pengecekan jumlah penumpang) – saya bayar buat berapa orang (dan mereka sangat sensi kalo ada anak yang duduk tanpa dipangku dan tidak bayar full).

IMG_0440

Β IMG_0447Β  IMG_0498

Saya senang dengan busnya yang bersih, nyaman, dingin, dan terasa lapang karena sepi. Kapasitas untuk duduk bisa hingga 30 orang (dengan beberapa spot kursi prioritas bagi ibu hamil dan ibu membawa batita, manula, dan penyandang cacat), dan berdiri hingga 50 orang. Saya kedapetan bus yang gak bau asap rokok, tapi saya sempat salah masuk bus ketika pindah bus (dari terminal Leuwi Panjang ke Dago) dan bus tersebut terasa bau asep sekali. Saya jadi inget Subway pas di New York City, yang memang ada subway tertentu yang bau pesing! (karena arahnya ke Chinatown, ahha), dan ada subway yang bersih dan elegan (karena jurusannya lebih “elit”). Entahlah jurusan apa yang tadi salah saya naiki.

IMG_0437 IMG_0484 IMG_0510

Pas balik ke Dipati Ukur, MUACET luar biasa di Dago! Katanya sih karena ada pembubaran OSKM ITB! Jadi aja karena kelamaan anak-anak mulai cranky..Β  Dan minta screen time mereka. Oh well, demi ketenangan jiwa raga,saya berikan mereka handphone dan saya pun bisa leluasa menyelesaikan buku ini! Senang xD

Sekian pengalaman tamasya – saya merekomedasikan sekali lah ajak jalan anak-anak naik angkutan umum (yang aman dan nyaman) sesekali di luar kendaraan pribadi mereka. Saya sendiri jadi bisa melihat banyak detail dari Kota Bandung yang selama ini terabaikan kalau nyetir sendiri atau jadi penumpang (disetirin). Seperti plang toko-toko di sepanjang jalan Otista yang menarik sekali ya… (sayang ga sempet foto-foto karena saat melewati Otista ini Khalif bobo di pangkuan). Nanti deh kapan-kapan kita jelajahi makanan dan toko-toko jadul serta museum di wilayah Otista sana.

Ini jadwal rute Bus Damri:

1. CICAHEUM – CIBEUREUM

  • Cicaheum – A. Yani – Cicadas – Jl. Kiara Condong – Jl. Jakarta – Persib – Kosambi – Asia Afrika – Alun2 – Jl. Sudirman – Andir – Bunderan – Batas Kota – Rajawali – Elang.
  • Elang – Rajawali – Andir – Kebon Jati – Stasion – Pasar Baru – Viaduct – Braga – Lembong – Veteran – Kosambi – A. Yani – Cicadas – Cicaheum.

2. LEDENG – LEUWI PANJANG

  • Ledeng – UPI -Geger Kalong – Suka Jadi – Pasir Kaliki – Pajajaran – Cicendo – Gedung Pakuan – Via Duct – Braga – Suniaraja – Pasar Baru – Otista – Tegal Lega – BKR – Leuwi Panjang.
  • Leuwi Panjang – Kopo – Pasir Koja – Astana Anyar – Gardu Jati – Pasir Kaliki – RS. Hasan Sadikin – Suka Jadi – Setia Budi – Ledeng.

3. DIPATIUKUR – LEUWI PANJANG

  • Dipatiukur – Simpang Dago – Ir. H Juanda – Merdeka- BIP – Balai Kota – Braga – Suniaraja (Viaduct) – Pasar Baru – Otista – Tegalega – BKR – Leuwi Panjang.
  • Leuwi Panjang – Kopo – Pasir Koja – Astana Anyar – Gardu Jati – Kebon Jati – Setasiun KA – Viaduct – Wastu Kencana – Riau – BIP – Ir. H Juanda – Dipatiukur.

4. ELANG – CIBIRU

  • Elang – Holis – Caringin – Leuwi Panjang – Cigereleng – LPKIA – Buah Batu – Samsat – RS Al Islam – Gede Bage – Polda – Cibiru.
  • Cibiru – Polda – Gede Bage – Metro – Samsat – Buah Batu – LEN – Cigereleng – Leuwi Panjang – Caringin – Holis – Bunderan – Elang.

5. ELANG – JATINAGOR (lewat TOL)

  • Elang – Holis – Caringin – Leuwi Panjang – Cigereleng – Moh Toha – Tol Padaleunyi – Cileunyi – IPDN – Ikopin – Unpad (Jatinangor)
  • Unpad (Jatinangor) – Ikopin – IPDN – Cileunyi – Tol Padaleunyi – Moh Toha – Cigereleng – Leuwi Panjang – Caringin –  Holis – Elang.

6. DIPATIUKUR – JATINANGOR (lewat TOL)

  • Dipatiukur – Gasibu (Gd Sate) – Diponegoro – Supratman – A Yani – RE Martadinata – Laswi – Tegalega – Moh Toha – Tol Padaleunyi – Cileunyi – IPDN – Ikopin – Unpad (Jatinangor)
  • Unpad (Jatinangor) – Ikopin – IPDN – Cileunyi – Tol Padaleunyi – Moh Toha – Cigereleng – Tegalega – Laswi – Sukabumi – Supratman – Gasibu – Surapati – Arya Jipang – Dipatiukur.

7. TANJUNGSARI – KEBONKELAPA

  • Tanjungsari – Unpad (Jatinangor) – Ikopin – IPDN – Cileunyi – Cinunuk – Cibiru – Polda – Gede Bage – Metro – Samsat – Buah Batu – LEN – Cigereleng – Moh Toha – Tegalega – Kebonkelapa.
  • Kebonkelapa – Pungkur – Karapitan – Gurame – Lodaya – RS Muhamadiyah – Horizon – Buah Batu – Soekarno Hatta – Samsat – RS Al Islam – Gede Bage – Polda – Cibiru – Cinunuk – Cileunyi – IPDN – Ikopin – Unpad (Jatinangor) – Tanjungsari.

Keterangan:

Untuk DAMRI AC, dari Kebon kelapa – Alun alun – Dalem Kaum – Lengkong Kecil – Cikawao – Buahbatu – Lodaya, selanjutnya sama dengan Non AC.

8. CICAHEUM – LEUWIPANJANG

  • Cicaheum – A. Yani – Cicadas – Jl. Kiara Condong – Jl. Jakarta – Persib – Kosambi – Asia Afrika – Alun2 – Otista – Tegal Lega – BKR – Leuwi Panjang.
  • Leuwi Panjang – Kopo – Pasir Koja – Pungkur – Kebonkelapa – Dewi Sartika – Alun alun – Banceuy – ABC – Cikapundung – Naripan – Sunda – Veteran – Kosambi – A. Yani – Cicadas – Cicaheum.

9. CIBIRU – KEBON KELAPA

  • Cibiru – Ujung Berung – Sukamiskin – Cicaheum – A. Yani – Cicadas – Jl. Kiara Condong – Jl. Jakarta – Persib – Kosambi – Asia Afrika – Alun2 – Otista – Pungkur – Kebonkelapa.
  • Kebonkelapa – Dewi Sartika – Alun alun – Banceuy – ABC – Cikapundung – Naripan – Sunda – Veteran – Kosambi – A. Yani – Cicadas – Cicaheum – Sukamiskin – Ujung Berung – Cibiru.

10. CIBIRU – LEUWI PANJANG

  • Cibiru – Ujung Berung – Sukamiskin – Cicaheum – A. Yani – Cicadas – Jl. Kiara Condong – Jl. Jakarta – Persib – Kosambi – Asia Afrika – Alun2 – Otista – Tegal Lega – BKR – Leuwi Panjang.
  • Leuwi Panjang – Kopo – Pasir Koja – Pungkur – Kebonkelapa – Dewi Sartika – Alun alun – Banceuy – ABC – Cikapundung – Naripan – Sunda – Veteran – Kosambi – A. Yani – Cicadas – Cicaheum – Sukamiskin – Ujung Berung – Cibiru.

11. CIBURUY – ALUN ALUN

  • Ciburuy – Padalarang – Cimareme – Gadobangkong – Cimahi – Cibabat – Cimindi – Rajawali – Garuda –  Sudirman – Jamika – Pasirkoja – Pungkur – Kebonkelapa – Dewisartika – Alun alun.
  • Alun alun – Sudirman – Andir – Bunderan – Cibeureum – Cimindi – Cimahi – Gadobangkong – Cimareme – Padalarang – Cibruruy.

12. KBP – ALUN ALUN

  • Kota Baru – Tol Pasteur – Jl. dr. Junjunan – Cihampelas – Wastukencana – Merdeka – Lembong – Tamblong – Asia Afrika – Alun Alun.
  • Alun Alun – Sudirman – Gardu Jati – Pasir Kaliki – dr Junjunan – Tol Pasteur – Kota Baru.

2 thoughts on “Tamasya Singkat dengan Bus Damri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s