Library in The Box Bandung

Ceritanya dua minggu lalu saya lagi browsing blog salah seorang mamarantau yang ternyata rajin ke perpustakaan di kota tempat ia tinggal saat ini. Dalam blognya dia melampirkan juga beberapa link perpustakaan dan taman bacaan di wilayah Jawa Barat. Salah satunya dia menceritakan tentang Perpustakaan yang dikelola oleh GSSI (belakangan saya ketahui singkatannya adalah Gerakan Semangat Selalu Ikhlas) – dan salah satunya adalah Library in the Box di Taman Bagus Rangin, Bandung. Semakin saya menelusuri info tentang Library in the Box ini, saya semakin merasa WHATTTT kok saya bisa ga tau ya ada perpustakaan ini – dan letaknya di jantung kota Bandung pula! Deket daerah Dipati Ukur yang saya lalui setiap hari.

SONY DSC

Semakin banyak mencari infonya, terkuaklah (duileee terkuak) ternyata ketua GSSI, Ibu Tini Martini, yang beberapa bulan lalu Sano (sobat semasa di LFM, dan juga suaminya sobat saya sekarang yang membantu di Pustakalana dari awal: Ami) share ke saya nomor handphone-nya dan sampai saat itu belum sempat saya kontak-kontak. Terkuak juga bahwa….. dari awal banget (mungkin September 2015), Mba Wulan sudah pernah kasih saya Facebook-nya bu Tini – karena anaknya beliau duluuuuu sekali (ya 10 tahun lalu) pernah jadi member di Pustakalana..! In fact, member yang paling sering datang dan keren banget (terbukti kerennya ketika saya menonton TEDx-nya dia sewaktu dia masih berusia 16 tahun dan menjadi finalis termuda di Young Change Maker Award tahun 2010). Aduh…! Makin deh saya merasa dodol karena menunda-nunda mengontak beliau, padahal link pertemanannya sangat dekat sekaliii.

Anyway, akhirnya saya mengunjungi si Library in the box yang berada dalam box berwarna merah dan terletak di sebuah taman rindang yang menyenangkan. Yaa..Di Bandung ini banyak taman, tapi tetep kurang nyaman: asap rokok, mainan di playgroundnya agak serem (berkarat, dan bag. yang tajam), suka ada Ibu-ibu yang malah duduk2x di ayunan selama mereka suka (hallooo padahal ada anak2x antre mau main dengan ayunan), dll. Jadi taman yang asri PLUS ada perpustakaannya itu bagaikan oasis buat saya dan Azka-Khalif.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Belakangan saya ketahui juga bahwa GSSI memang organisasi yang peduli terhadap pendidikan lingkungan hidup dan sosial dan sering mengadakan pelatihan kepada siswa, PKL, dan masyarakat umum untuk mengedukasi masyarakat untuk memelihara lingkungan, mengajak masyarakat mendaur ulang sampah hingga dapat bernilai ekonomi. Bu Tini juga cerita, bahwa Library in the Box ini adalah hadiah untuk ulang tahun GSSI ke-6 dari Dinas Pertamanan Kota Bandung. Manis sekali yaa..!

SONY DSC

SONY DSC


Nah, tapi karena masih kekurangan SDM (masalah klasik), Library in the Box ini bukanya hanya Senin, Selasa, Rabu,.dari jam 8 hingga anak-anak pulang (jadi ga tentu). Kalo ada kawan di Bandung yang berminat jaga 1 atau 2 minggu sekali utk menjadi volunteer sbg librarian di sana, akan sangat membantu sekali..! Hari Selasa bahkan ada kakak-kakak dari Kelompok Petualang Belajar Semipalar yang akan membacakan cerita dan mengajak berkarya bersama (jam 8 mulainya).

SONY DSC

SONY DSC

Buku-buku di Library in the Box fokus untuk anak-anak PAUD, walau tersedia juga buku-buku untuk anak yang lebih besar, KKPK, komik, dan buku untuk orangtua. Nah, kalo ada yang mau sumbang buku, mereka dengan senang hati menampung; atau bisa juga titip sumbang lewat Pustakalana juga untuk didistribusikan. Adik-adik dari jurusan Ilpus dibutuhkan juga lho, untuk membantu mensortir dan mendata buku-buku secara lebih sistematis. Mampir-mampir ke sana yaa..!

Taman Bagus Rangin – Library in the Box

Address: Jl. Bagus Rangin No.16, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia

4 thoughts on “Library in The Box Bandung

Leave a Reply

