North End and Little Italy

DSCN0129Polcari’s Coffee di Little Italy, Boston yang tersohor

Jika ditanya area favorite di Boston, maka jawaban saya tanpa ragu-ragu adalah: North End! Di sana banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dipelajari, pun bisa dijelajahi berbekal jalan kaki saja (well, pada dasarnya seantero Boston memang sangat jalan-able sih). Tentunya, siapkan sepatu yang enak untuk diajak jalan-jalan dan uang buat jajan, karena di North End, khususnya daerah Little Italy dan Faneuil Hall; banyak sekali tempat bersejarah dan tempat makan yang menggugah selera!

DSCN0119

Soal makanan, dari mulai Sicilian-Style Seafood dan pasta di The Daily Catch, Regina’s Pizzeria yang antreannya selalu panjang, hingga pilihan dessert ala italy: cannoli yang tersohor di Mike’s Pastry atau pun Modern Pastry bisa ditemukan di sini. Semuanya (nampak) enak dan spesial…! Saya pun belum pernah mencoba banyak, yang wajib-wajibnya seperti cannoli, tiramisu, dan pizza saja yang sudah x)) Kali ini saya tak tahan melihat cuteness overload-nya Bova’s Bakery. Biasa banget interiornya, tapi justru karena itu menarik…! Dan benar saja, ramai sekali orang berjejal mengantre (walau tidak lebay antreannya seperti di Mike’s Pastry).

DSCN0121 DSCN0120

Di New Bedford tuh ga ada yang seperti ini, jadi bosan sekali makan donat dan cupcake melulu atau pastry Portuguese saja. Jadi pas melihat beraneka ragam pastry ala Italy ini rasanya WOW sekali…! Dan makannya harus ngampar seperti ini biar makin nikmat:

DSCN0151

DSCN0131Pokoknya Little Italy ini sangat menarik: gang-gang kecil, wangi pizza, pasta dan kopi menyeruak. Orang-orang dengan santai menyeruput kopi dan melahap dengan sepenuh jiwa cannoli-nya. Mini cooper bisa ditemukan berjejer manis di pinggir jalan. Kurang scooter aja sih, pasti lengkap sudah suasananya seperti di Italy pisan. Mencari parkir memang susah di sini, jadi mending hapus jauh-jauh dalam benak mencari parkir di Little Italy, karena yang ada hanya membuat hati gundah (apeee lu kateee dah…). DSCN0115

DSCN0114

Ohya, tempat bersejarah yang saya maksud sebelumnya adalah beberapa situs yang termaktub dalam The Freedom Trail; yakni jejak/ jalanan (yang mayoritas) dari bata sepanjang 2,5 mil (4 km) melalui pusat kota Boston, yang mengarah ke 16 situs bersejarah yang sangat penting. Situs sejarah ini bisa berupa bangunan, gereja, museum, kuburan, hingga kapal perang. Nah, di North End ini ada beberapa situs yang bisa dikunjungi dan sangat berdekatan satu dengan lainnya. Semuanya gratis, tapi ada juga yang memungut “suggested donation”. Situs-situs bersejarah tersebut adalah:

Paul Revere House dan statue, seorang silversmith yang memegang peranan penting dalam Revolusi Amerika dan terkenal dengan “midnight ride”nya. Saya baru kesampaian lihat memorialnya saja.

DSCN0095

Old North Church yang pada tahun 1775 terdapat dua lentera yang dinyalakan sebagai tanda bahwa Inggris datang dan kemudian dimulailah Revolusi Amerika.DSCN0112

Copp Hill yang merupakan kuburan tertua kedua di Boston dibangun ada tahun 1659.DSCN0107

DSCN0108

Kemudian Holocaust memorial yang dibangun pada bulan Oktober 1995 dan didedikasikan oleh korban yang selamat dari ‘kamp konsentrasi Nazi; New England Holocaust Memorial berdiri tinggi di dekat Faneuil Hall.

DSCN0190 DSCN0191 DSCN0213 DSCN0193

Berkeliling sebentar di Faneuil Hall; seneng sekali dengan atmosfer di tempat ini…! Farmers market, local shops, people, attractions, historical sites, ah,,,kayaknya duduk-duduk dan ga beli apa-apa juga udah bahagia.

DSCN0203 DSCN0210 DSCN0201

Dan senangnya pas ke sana itu adalah ketika puncak musim gugur…! Jadi menambah cantik kota ini. Plus lagi ternyata itu adalah hari terakhir dari instalasi seni: “Play Me, I’m Yours”; yang meletakan piano-piano di tempat umum dengan design/ gambar dari artis lokal. Piano ini bisa dimainkan oleh siapa saja yang kebetulan lagi lewat, alias terbuka untuk umum. Bener-bener keren ide dan eksekusinya!

DSCN0175 DSCN0104 DSCN0162DSCN0205Membuat saya membayangkan, kalau ditaruh di Jakarta atau Bandung, apakah akan awet dari goresan-goresan dan tangan jahil?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s