Orlando Part II: Magic Kingdom Park

IMG_9774

Di perjalanan menuju Walt Disnet World (WDW), saya dan Tante Wina mengingatkan diri kami masing-masing agar tidak terlalu “histeris” dan “heboh” ketika sampai di Magic Kingdom. Dan (syukurlah) ternyata saya tidak terlalu heboh ketika sampai di sana; padahal jauh-jauh hari saya sudah heboh sendiri membayangkan betapa “magic”nya tempat itu. Entah kenapa (mungkin karena faktor usia, hehe), apa karena ekspektasi saya berlebih atau karena saya fokus dengan kesejahteraan para krucils, rasanya saya tidak terlalu amazed dengan the Magic Kingdom (or let’s say WDW in general). Walau tetap terkesima sih, yang jelas tidak histeris xD

Walt Disney dan Mickey Mouse Statue di depan Cinderella Castle*

IMG_9908

Tentu aura magic-nya masih ada. Bahkan saya sempat menitikkan air mata dan merinding ketika melihat “Mickey Philharmagic” yang menampilkan cuplikan konser dari film-film Disney favorite saya sepanjang masa dalam format 3D: The Lion King, Aladdin, Beauty and the Beast, dan The Little Mermaid. Tapi dalam banyak hal, saya biasa-biasa saja – ini nampak jelas dalam minat saya untuk mengabadikan momen.

IMG_9784

Saya pikir slot 999 images dalam memory card saya tidak akan cukup untuk mengabadikan hari-hari kami di sana dan saya harus men-charge baterai kamera tiap harinya; ternyata sampai kami pulang baterai tetap awet dan jumlah foto yang saya capture hanya 250-an; yang mana 50% shot asal jepret (banyak yang goyang dan blur), 25% shot foto bertiga, sisanya foto anak-anak yang kebanyakan menolak untuk difoto atau sedang tertidur. Pokoknya foto tidak menjadi prioritas selama berpergian kemarin (walau ada sedih juga sih ketika melihat hasil foto-foto yang kurang memuaskan, huhu) – foto yang saya tampilkan di blog ini sudah paling mending dari foto-foto sisa lainnya. Oh, satu tips: bawalah tongsis, karena di sana pasti pengen foto lengkap sekeluarga; walau Disney menyediakan PhotoPass bagi yang pengen foto berjamaah dengan hasil memuaskan.

IMG_9782Tiket masuk ke WDW parks berupa kartu seperti ini dan sebelum masuk akan ada scan fingerprint agar kartu tidak bisa berpindah tangan (ada juga Magic Bands bagi yang menginap di WDW resorts)

Sudah beberapa tulisan terakhir saya menuliskan tentang tips; karena bingung mau mulai cerita dari mana. Nah, postingan kali ini juga berisi beberapa tips jika ingin pergi ke Disney’s Magic Kingdom atau WDW atau bisa juga Disneyland secara umum dengan anak-anak. Pasti sudah banyak ibu-ibu lain yang menuliskan hal serupa di blog mereka, jadi ini beberapa yang intinya saja:

Timing is important. Pergi ke WDW ketika musim panas bukanlah ide yang bagus, mengingat satu harinya bisa ada 90.000 orang yang tumpah ruah memadati WDW (sungguh gak bisa saya bayangkan kombinasi antara panas, antrian panjang, dan anak-anak yang cranky…!) . Kemarin ini saya pergi adalah ketika masa-masa lowest season; yakni rentang waktu setelah Thanksgiving dan seminggu sebelum Christmas. Nyatanya yaa tetap saja ramai, sehari bisa ada 20.000 pengunjung ke WDW, entah berapa yang ke MK dan berapa yang ke parks lainnya. Dan walaupun ini bulan Desember, jangan bayangkan Orlando akan dingin sebagaimana daerah-daerah di East Coast lainnya. Florida adalah the “Sunshine State” yang sepanjang tahun panas, jadi yaa siang hari kisaran suhu berada di 28 C dan ketika malam barulah cukup sejuk di 15-18 C.

IMG_9791Suasana Christmas sudah terasa sejak memasuki The Main Street USA

IMG_9790

Come early. Jam operasional MK bervariasi. Untuk peak season buka dari jam 8 AM hingga 1 AM. Tapi kemarin, karena lagi low season, bukanya dari jam 9 pagi dan tutup tepat jam 7 malam. Khusus bagi mereka yang tinggal di WDW resort, biasanya ada hari-hari tertentu di mana terdapat “Extra Magic Hour”, yang mana adalah 1 jam sebelum Park dibuka untuk umum, para tamu yang menginap di resort WDW tersebut boleh masuk dan main wahana-wahana ketika Park masih sepi. Sebagai tamu biasa, datanglah 30 menit sebelum Park buka, karena dari tempat parkir, pengunjung harus naik 2 kendaraan lain hingga sampai di gerbang MK; yakni mobil gandeng (entah apa namanya) yang mengantar hingga tempat pembelian tiket dan monorail yang mengantar hingga ke pintu masuk MK. Perjalanan itu bisa memakan 15 menit paling cepat dan 25 menit kalau apes mengantre, hehe. Dan dengan datang tepat waktu, kita bisa melihat “opening parade”. Saya dan anak-anak sampai jam 9.20 AM – ketika sampai pun foto sana-sini dulu, sehingga pas sampai, pas…… paradenya selesai. Hadeeh.

IMG_9777

IMG_9800

Know The Lands. Terdapat 6 whimsical lands di MK, yakni: Adventureland, Frontierland, Liberty Square, Fantasyland, Tomorrowland dan Main Street, U.S.A. Adalah penting untuk mencari tahu wahana mana yang diminati dan di mana letaknya sebelum datang ke MK. Dengan demikian, ketika sampai di MK sudah ada list mau kemana saja prioritasnya, dan tidak bolak-balik dari satu land ke land lainnya, karena cukup jauh juga kalau mengitari ujung ke ujung. Khusus wahana yang bisa banyak dinaiki dan dinikmati anak-anak preschooler atau usia yang lebih muda, banyaknya berada di Fantasyland dan Tomorrowland. Jadi kedua land tersebut yang saya prioritaskan – hampir setengah hari kami habiskan di sana.; jadi hampir semua wahana, khususnya di Fantasyland berhasil dinikmati.

Maps_Full_17872Map Magic Kingdom WDW 2013: Pelajari baik-baik sebelum sampai ke MK*

IMG_9904 Gerbang Tomorrowland

The Main Character . Berhubung Azka dan Khalif baru dicekoki karakter-karakter Disney pada tiga minggu sebelum keberangkatan, maka mereka tidak terlalu sengefans itu dengan banyak karakter dalam film Disney; cukup tahu saja. Sama karakter inti seperti Mickey, Minnie dkk saja mereka biasa saja (walau tetap bahagia ketika melihat penampakan Mickey). Saya tidak berhasil membuat mereka mau menonton film-film lawas Disney – jadi satu-satunya cara adalah memperkenalkan karakter lewat buku dan kemudian ketika mereka familiar, barulah saya bujuk untuk nonton filmnya atau lewat VHS “Sing-a-Long” yang berisi cuplikan lagu-lagu dalam film Disney. Strategi ini berhasil untuk memperkenalkan karakter dalam Winnie the Pooh; yang membuat Azka suka sekali dengan “Tigger”, kemudian “Simba” dalam The Lion King, “Chip” dalam Beauty and the Beast, “Sebastian” dalam The Little Mermaid, dan “Buzz” dalam Toy Story. Keberadaan tokoh-tokoh ini yang memotivasi Azka untuk menaiki wahana yang ada karakter tersebut.

IMG_9839

IMG_9827Rumahnya ‘Pooh’

IMG_9864Malu-malu foto dengan Ariel di depan “Voyage with The Little Mermaid”

Skip the line, get your FastPass. Ada beberapa wahana yang memiliki sistem “FastPass”; keberadaan FastPass ini dirancang untuk mengurangi waktu antre yang lama untuk wahana-wahana yang populer; seperti Dumbo the Flying Elephant, Jungle Cruise, The Many Adventures of Winnie the Pooh, Peter Pan’s Flight, Under the Sea ~ Journey of the Little Mermaid, Barnstormer starring the Great Goofini, Big Thunder Mountain Railroad, Buzz Lightyear’s Space Ranger Spin, Space Mountain, dan Splash Mountain. Yang saya kasih garis miring, itu yang berhasil kami naiki selama di sana untuk wahana dengan FastPass x). Ini salah satu wahana wajib untuk preschooler: Dumbo!

IMG_9885

IMG_9882

FastPass ini tidak dipungut biaya tambahan kok. Dan baru-baru ini juga ada FastPass + yang sedang dalam tahap ujicoba, sehingga pengunjung bisa dari jauh-jauh hari mereservasi jam untuk menaiki wahana-wahana favorite mereka.

IMG_9841Contoh tiket dan mesin FastPass

IMG_9910

IMG_9886Contoh sign untuk masuk ke suatu wahana dengan menggunakan FastPass

Untuk mendapatkan FastPass, biasanya ada kios khusus di samping wahana tersebut. Di sana, kita tinggal memasukkan tiket Disney, dan kemudian akan keluar kartu FastPass yang menunjukkan rentang waktu kapan kita bisa masuk ke wahana tersebut; yakni selama satu jam. Selalu cek, kapan waktu untuk boleh mendapatkan FastPass berikutnya, karena berbeda-beda setiap wahana. Dalam satu kesempatan kita hanya boleh ambil 1 FastPass, tapi ketika sudah melewati rentang waktu yang tertera, kita boleh ambil FastPass berikutnya.

Meet the Characters. Saya ingat, pertama kali ke Disneyland adalah tahun 1993 berdua saja dengan Bunda; Tokyo Disneyland dan Disneyland Anaheim. LA; ketika itu saya kelas 3 SD dan lagi keranjingan banget sama film-film Disney. Yang paling saya ingat adalah selama di sana, saya banyaaaaak sekali foto dengan Mickey, Minnie, Daisy, Princess Jasmine, Belle, dll ..Pokoknya hampir setiap karakter saya pasti foto.NAH, kemarin itu ternyata Mickey dkk sudah tidak lagi berseliweran… Mereka hanya bisa ditemui di Town Square sepanjang hari, dan itu pun antrinya bisa 15-20 menit untuk foto yang hanya 30 detik (ada Fastpass untuk foto sebetulnya). Wuohh. Karakter lainnya bisa ditemui di dekat wahana masing-masing, tapi itu pun rasanya kok tidak banyak yah…  Mau dibilang penting atau tidak, sempatkan setidaknya foto dengan satu saja karakter yang paling favorite.

IMG_9830Azka hanya ingin foto sama Pooh dan Tigger saja

IMG_9809

Bring your own drinks and foods. Ya berhubung penghematan, selama jalan-jalan kemarin, saya dan anak-anak memang tidak jajan sama sekali. Air minum, snacks, dan makan siang sudah disiapkan – ini lumayan untuk mengurangi $50 jika makan di Park. Tapi kalo memang ada budget, seru banget untuk bisa ikut Dining Plan atau cobain makan di cafe/ restaurant dengan tema-tema lucu, seperti “Pinoccio Haus”, “Be Our Guest”, dll (tidak terlalu mencari tahu karena memang sedari awal tidak tertarik makan di resto). Yang jelas, bawa botol minum dan isi ulang di tap water jika dibutuhkan. Tapi hati-hati juga, karena rasa tap water di WDW ini rada aneh sih, hehe. Jadi amannya memang beli ke grocery store di luar komplek WDW dan silahkan dibekel, karena pasti haus.

IMG_9911

IMG_9845Salah satu restaurant: Pinnochio’s Village Haus dan banyak lagi resto lucu-lucu bertema.

Be Our Guest Restaurant yang megah*

Suasana dalam restaurant*

Parade and Special Performance. Cari tau juga waktu-waktu khusus pertunjukan, seperti Main Street Parade, biasanya ada dua kali: Sore hari (jam 3 PM) dan malam “Main Street Electrical Parade” (jam 7 PM). Dan standby gelar tiker setidaknya 30 menit sebelum parade untuk dapat spot yang enak buat duduk-duduk. Kemarin saya rada gak konsen dengan waktu (padahal udah inget jam 3 = parade), jadi sesampainya di Main Street, pas bubar…..lagi….. Ya nasib. Plus pas hari itu karena sebelum Christmas, tidak ada electrical parade – ADA sih, tapi harus bayar lagi $62 – karena ada serangkaian acara lagi dengan fireworks dan Mickey’s Very Merry Christmas Party. Sejujurnya, bisa aja kita stay di dalam MK dan tidak bayar (istilahnya: menyelundup); Tapi bener-bener ya, entah orang Amerika ini pada jujur apa gimana…. Yang jelas mereka yang tidak membeli tiket, pada pulang dong…..dan yang stay, ya pada bayar lagi. Padahal gak akan ketahuan loh kalau kita berdiam diri di sana (!). Memang, inilah karakter MORAL yang patut dicontoh dari orang-orang Barat ini. Rasanya malu, saya yang punya kontrol agama untuk tidak berbuat curang karena ada “yang mengawasi” tapi masih saja tergoda untuk berbuat curang, sedangkan orang-orang ini yang mungkin tidak beragama, kontrolnya adalah prinsip: bahwa itu curang, tidak baik, dan jangan lakukan! *lah ini kok jadi kasih dakwah*. Hehe.

“Electrical Parade” yang tidak kesampaian*

Baby Swap. Jika berpegian bersama orang dewasa lain dan kita bawa anak, ada sistem “baby swap” ini. Artinya, orangtua bisa bergantian naik wahana, tanpa perlu antre panjang lagi. Jadi satu ortu naik, yang satu jaga anak. Kemudian switch. Ada tempat khusus untuk menunggu ortu dengan baby swap. Selalu tanyakan pada mbak/mas yang menjaga di bagian depan wahana – apakah ada fasilitas ini dan bagaimana caranya. Saya gak ada kesempatan ber-babyswap di MK karena diluar rencana, anak-anak gak tidur berbarengan, artinya: Azka tidur, Khalif bangun. Azka bangun, Khalif tidur. Yah nasib – bye wahana-wahana menantang! As long as you’re happy ya Nak…

IMG_9939 IMG_9941

The Not-so-popular Rides. Ada banyak wahana di MK, walau ada yang popular, bukan berarti yang tidak popular tidak menarik… Justru, disaat orang-orang terpaku untuk naik wahana tertentu dengan antrean panjang dan FastPass yang cepat ludes, beberapa wahana underdog ini bisa dijadikan pilihan menarik. Sekedar buat rileks otot-otot kaki dan santai sembari mengambil napas🙂 Dan nyatanya, sebetulnya untuk anak-anak tidak peduli mau wahana apa yang dinaiki, bagi mereka semua wahana itu seru… Asalkan Ibu/ Bapaknya juga happy menemani. Ini contoh beberapa wahana biasa-biasa saja yang kami naiki: Tomorrowland Speedway yang bagi Azka sangatlah seru…!

IMG_9901 IMG_9897

Yaa, pokoknya semua yang bisa dinaiki/ sepi hajar saja.. Kuncinya jangan terlalu picky dalam menaiki wahana. Prioritas ada, tapi tetep harus fleksibel – kali wahana yang diminati memang tidak berhasil dinaiki. Seperti kejadian ketika saya sudah dapat FastPass untuk ke Buzz Lightyear’s Space Ranger Spin, tapi karena dapatnya sudah terlalu sore – sedangkan untuk jalan (atau bisa juga menggunakan WDW railroad train) memakan waktu lagi, ya sudahlah diikhlaskan saja. Mending waktu jalannya bisa dipakai naik wahana lain yang masih dalam radius terdekat, dengan demikian saya dan anak-anak bisa menaiki 3 wahuana lain ketimbang 1 wahana favorite dan menghemat tenaga. Dan ditotal-total kami sudah menaiki sekitar 18 wahana (jadi ga rugi-rugi bandar amat mengingat harga tiket yang.. lumayan).

IMG_9924Country Old Jamboree yang lawakannya tak dapat kumengerti huhu, tapi cukup menghibur

IMG_9946Jungle Cruise

Pirates of The Carribean*

Kurang lebih begitulah tips yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat bagi yang berencana ke WDW….! In short: Plan wisely, don’t be too ambitious, be flexible, relax, and enjoy all the things you can enjoy in there: After all this is a vacation and the ultimate goal is: everyone is tired and happy🙂

IMG_9983And we were! (tired and happy)

Note: Semua image dengan* diambil dari Web yang dapat dilink langsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s