A Day in The Vineyard

IMG_7153

Martha’s Vineyard (MV) adalah sebuah pulau yang masuk dalam teritori state Massachusetts dan dikenal sebagai tempat liburan Presiden Obama dan tempat syuting film Jaws (anak 90-an pasti tau betul film lawas ini). Letaknya dari New Bedford relatif dekat – hanya terpaut 1 jam perjalanan dengan kapal ferry cepat saja. Sudah beberapa kali saya merencanakan liburan keluarga ke MV dan tak kunjung kesampaian hingga hari Sabtu kemarin. Karena perginya super dadakan – saya tidak terlalu meriset lebih kauh tentang objek-objek apa saja yang menarik dikunjungi di MV. Dalam benak saya cuman: “Go explore and follow the crowd”. Hehe.

Dan memang pergi tanpa itinerary yang jelas dan dadakan itu ada keistimewaannya tersendiri ya…! Walau rasanya aneh ketika saya sampai di MV dan gak tau apa-apa yang mau diliat (selain berbekal free map dengan destinasi yang nampaknya ditampilkan hanya karena tempat tersebut pasang iklan saja) – walau hanya bermodalkan tanya orang saja, dan cukup membuat saya puas dalam kunjungan pertama ini. Nampaknya saya akan melakukan hal itu lagi.

map_of_martha's-vineyard

MV terbagi dalam lima region:  Tisburry ( lebih dikenal dengan daerah Vineyard Haven-nya) , Oakbluffs, Edgartown, West Tisburry. Chilmark, dan Aquinnah. Semua kota tersebut bisa dikunjungi hanya dalam waktu satu hari, maka tak heran jika sepanjang jalan, ramai tempat penyewaan sepada dan mopeds – karena berbekal keduanya satu pulau bisa dikitari. Sedangkan saya, karena membawa Azka merasa tak terlalu yakin kalau harus mengayuh berpuluh kilometer dari ujung ke ujung sambil geret-geret trailer sepeda si bocah. Maka cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan daily pass MVTA – hanya dengan $7 kita bebas berkelana dan hop on- hop off dari satu rute bus ke bus lainnya dan bisa mengelilingi MV.

1. The Flying Horses, Oakbluffs

“Excuse me, this is my first time in here. Do you have any suggestions where to go around the area?” |  “Oh, you have a lil boy, he would love to go to the Flying Horses. Have you been there?” – Beneran gak ada ide apa itu Flying Horses – ternyata hanya tinggal koprol tempat saya dan Azka duduk ; “See that red building?” – yang akhirnya membuat saya naik carousel tertua di Amerika (1876) lengkap dengan rambut kuda asli di kuda-kudaannya. Btw, Azka sama sekali tidak tertarik dengan carousel ini, jadilah saya yang semangat menunggangi kuda…! Tempat yang menjadi National History Landmark ini sangat vintage sekali, me likey…!

IMG_7067The entrance

IMG_7072The rules: kita bisa mengambil ‘ring’ dipinggir carousel- kalau dapat ‘brass ring’ hadiahnya bisa dapat free ride 

IMG_7074Nothing fancy, but definitely give a different feeling while riding on it

2. Gingerbread Houses, Oakbluffs

MV adalah salah satu destinasi wisata musim panas yang marak dikunjungi turis. Maka saya tak terlalu surprise dengan keramaian di sepanjang downtown Oak Bluffs (ramainya wajar, tidak terlalu chaotic): sepeda dan moped berseliweran, bar-bar padat anak muda dan orang tua, sementara keluarga asik kongkow dan melakukan kegiatan di pantai (ingin sekali ikut terjun ke laut dari jembatan…!. Saya perhatikan banyak sekali toko ice cream  (hingga saya bingung dan memutuskan untuk tidak beli es krim sama sekali), restaurant dan toko-toko menarik sepanjang jalan yang sekilas mengingatkan saya akan Kuta Bali.

IMG_7028Salah satu sudut toko yang saya kunjungi 

IMG_7166

Toko ini wanginya luar biasa menggoda iman….! Harum coklat panggang enak sekali. Kalo ga beli,boleh icip-icip di dalam (saya sih gitu, ahaha #turiskere)

IMG_7066Sepedas

IMG_7132“Bu Es Krim, Bu…Es krimmm…” ( repeat 200x by Azka)

Setelah makan siang seadanya (karena takeout dan cuman beli satu slice saking penghematannya, hehe) di Pizza ‘Giordano”, kemudian kami mampir ke sebuah toko suvenir untuk beli postcard. Karena bingung mau ke mana lagi, saya tanyakan si owner toko. “Have you been to gingerbread houses?” – saya menggeleng, dan hanya dalam 5 menit dari toko sampailah saya ke komplek perumahan ter-unyu (kalau kata anak jaman sekarang) yang sejauh ini pernah saya liat di US; “Oakbluffs Campground”. Whoa, I felt like stepping into a dream world….!

IMG_7085

IMG_7118

IMG_7101 IMG_7094

IMG_7113

IMG_7096

Rumah-rumah ini adalah rumah dari akhir abad 19 – dan sebuah komplek perumahan biasa saja. Ketika saya berkeliling, orang-orang (yang kebanyakan sudah aki-nini) di teras rumah ada yang sedang asik mengobrol sambil minum teh, beberapa berselonjor sambil membaca buku – dan di sampingnya tergeletak tumpukan summer reading books, ada juga yang sedang asik berkebun, bermain dengan anak/ cucu. Yang paling lucu ada banner “President Obama sit on my porch!” di salah satu rumah. MV memang kuat banget dukungan terhadap Obama – mungkin karena Mr. President sering berlibur ke sana jadi ada jalinan kasih antara warga dan pak presiden *apa siihhhh*.

IMG_7124

IMG_7112

IMG_7110

IMG_7108

IMG_7120

Sambil menunggu bus, mampir ke Ocean Park:

IMG_7050

IMG_7051

Karena keterbatasan waktu, saya bergegas menuju kota tujuan berikutnya, yaitu Edgartown. Kota ini adalah yang paling besar dari kota-kota lain di MV yang dulunya (abad 19) merupakan whaling port (sama seperti New Bedford) dan dipenuhi rumah-rumah besar dari para kapten kapal dan pedagang yang kaya raya. Saya tidak sempat berlama-lama menikmati Edgartown, tapi cukup puas melihat Main St dan Edgartown Lighthouse dari kejauhan.

3. Edgartown Books

Saya paling tidak bisa tahan kalau liat toko buku – rasanya ingin masuk, walau ujung-ujungnya gak beli apa-apa, haha. Ada satu yang menjadi favorite Obama family yakni “Bunch of Grapes” bookstore di Vineyard Haven (saya lewati tapi tidak dikunjungi, huhu). Walau begitu, this little quirky bookstore in the heart of Edgartown had stolen me and Azka’s heart….! Azka selama perjalanan walau bisa dibilang cukup kooperatif, namun wajahnya nampak kesal (‘gak mau difoto!’ “capek Ibu, pulang…!”, “Oh.. I’m tired”, “Mau Ice Cream” -repeat 300x) – dan hanya di tempat ini lah wajahnya mendadak sumringah dan senang sekaliii….! Terutama di bagian children’s section. You will know why…

IMG_7141

IMG_7144

IMG_7146

IMG_7147

4. Edgartown Lighthouse

IMG_7159Seonggok lighthouse nun jauh di belakang kami

IMG_7156JIka dilihat lebih seksama, itu ada whale’s tail sculpture and boat  yang menjadi salah satu landmark kota ini

Suasana downtown Edgartown/ Main St:

IMG_7152

IMG_7151Logo “black dog” ini ada dimana-mana; bakery, merchandise, bar, dll. Black Dog merchandise juga terkenal sebagai bagian dari “Lewinsky scandal”. karena Bill Clinton kasih oleh-oleh black dog ini ke Monica. Nah…!

5. Gay Head, Aquinnah

Tujuan terakhir adalah ke Gay Head Lighthouse di Aquinnah. Kata seorang bapak yang saya tanyai ketika menunggu bus, di sana pemandangannya bagus – ada cliff dan lighthouse yang sangat picturesque. Setelah mengatur perjalanan dari satu poin ke poin lainnya dengan bus – dan mencocokan dengan jadwal ferry terakhir dari Oak Bluffs ke New Bedford, akhirnya saya putuskan untuk ke Aquinnah ; ada waktu 1 jam untuk berkeliling. Komen saya sesampainya di sana “Ohh gini doang”, hahahha. Mungkin karena saya melihatnya dari kejauhan, kalau dari dekat dan menilik lebih lanjut cikal bakal erosi si tebing tersebut dan juga lighthouse yang sudah berdiri sejak 1799 itu, pastinya saya akan lebih bisa mengapresiasinya. Traveling memang kurang bermakna kalau hanya potret sana – sini tanpa belajar sejarah yang difoto yaa…  Selain itu di Aquinnah ini katanya ada nude beach..! Bahaha. Si Bapak yang bilang ke saya “Be careful to go to the beach at Aquinnah, because… you know… there are people…hmmm, they don’t wear clothes…”, si bapak rada ragu-ragu menjelaskan ke saya -secara pake jilbab. Sementara saya yang memang rada-rada cablak malah terbahak mendengar penjelasannya ” You mean nude beach?? Hahah… Okay, don’t worry I won’t go there, of course!” (padahal dalam hati, penasaran!! hihi). “Yes, but if you see them, TRY not to stare, okay?” – pesannya sambil terbahak juga. Ah…ada-ada saja ya. Saya masih ga abis pikir, kenapa ada orang mau bertelanjang ria di pantai. Apa ga takut kemasukkan pasir? Apa gak panas dan terbakar? Esensi bertelanjang itu apa? Hee *gagal paham*.

IMG_7173Gay Head Lighthouse

IMG_7181

IMG_7180Foto terakhir dengan wajah Azka yang kesal “I. DON’T. WANT. TO. TAKE. PICTURE! NO!!” 

Oh well, sudah jam 7 – dan dalam 50 menit sudah harus tiba di harbour. Plus baterai kamera sudah habis -____-. Padahal ketika pulang sunsetnya sangat dramatis sekali, I’ll keep that one in my memory and heart. Thank you MV… I’ll see you next year, this time with Papa and Khalif too.

2 thoughts on “A Day in The Vineyard

  1. lucu2 banget rumahnya uun! berasa rumah barbie X) btw, aku ngakak banget ngeliat foto terakhir. azka nya lucu banget, mukanya udah kaya senggol bacok gitu hahahaa. kangen banget jadinya deh huhuu

    1. HAHAHA iya Zu, super sengcok abiss dia, udah BETE banget…! Uni jadi inget pas kecil Bunda suka MAKSA foto uni khan kalo jalan2x…Ternyata uni juga gitu ke anak -___- hahah, yaabesss.. BTW iya, lucu2 banget rumahnya, kalo kamu yang motret pasti lebih bagus Zuuu…! Uni ga jago ngambil detail eheheu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s