Birthday Months

IMG_4018

Empat bulan dipertengahan tahun akan selalu menjadi bulan spesial dalam keluarga kami. Berturut-turut bulan Mei, Juni, Juli, Agustus kami merayakan ulang tahun Azka, Khalif, Papa, dan Ibu. Tentu juga ulang tahun pernikahan saya dan Ara yang jatuh tepat pada hari kemerdekaan Amerika, 4 Juli. Plus, tahun ini juga ada Ramadhan dan Lebaran. Plus lagi, Spring dan Summer…! Lengkaplah segala suka cita di bulan-bulan itu. Terlepas dari rasa bahagia karena diberikan tambahan umur dan kesehatan serta nikmat dariNya, tak dapat dipungkiri bahwa rasa sedih pasti ada. Sedihnya lebih karena (as cliche and boring as it sounds), waktu terasa begitu cepat berlalu. Sebagai Ibu yang 24/7 didedikasikan untuk keluarga saja saya masih merasa ini terlalu cepat. Makanya, ketika kemarin-kemarin Azka dan Khalf ulang tahun, saya bersikap ‘belaga gila’ – dan galau maksimal. Galaunya tentu tak ditunjukkan ke anak-anak. Lebih kepada merasa gamang saja dalam hati. Karenanya malam ini saya tulis kegamangannya biar lebih lega. Hehe..

Khalif

Hari ini Khalif sudah bisa berjalan 3 langkah…! Dan ini seperti sebuah tamparan buat saya: “Hey! Hadapi! Dia sudah setahun sekarang….!”. Sudah seminggu semenjak Khalif berulang tahun pada 1 Juni kemarin, tapi saya rasanya masih tidak percaya saja… Separuh galau dan separuh denial, beneran ya anak ini udah setahun?? Rasanya bener-bener baru kemarin saya dan Ara tergopoh tengah malam ke St.Luke’s Hospital sambil mules-mules, dan sekarang dia sudah mau bisa jalan? *whatttt*.

Bahkan hari ketika Khalif ulang tahun saya tidak menyiapkan apa-apa untuk dia. Sama sekali. Tidak ada kue (hanya muffins dadakan). Tidak ada kado. Tidak ada balon. Tidak ada nasi kuning. Tidak ada kemeriahan apa-apa. Saya memang tidak menyiapkan apa-apa untuk ulang tahunnya. Ulang tahun perdananya😥 Maybe I’m a horrible mom. Tapi dalam pembelaan saya, ketidaksiapan saya atas semua peretelan perayaan ulang tahun hanya menunjukkan bahwa saya memang sungguh tidak siap bahwa dia sudah ULANG tahun. Ke mana 365 hari terakhir? Mengapa cepat sekali waktu berlalu?

IMG_4685Kurang fit di pagi hari ulang tahunnya – dan dipaksa Ibu tiup lilin ;3 Beginilah ekspresinya kalo lagi marah

IMG_4704Namun kemudian bahagia, merasakan coklat pertamanya :) 

Khalif adalah bayi yang ceria, pasrah tapi determinasi tinggi terhadap apa pun yang dia inginkan (ini karakter yang sangat kuat, dari dia masih dua bulan sudah tampak sekali), selalu berbinar matanya jika melihat Aa-nya, dan sangat independen. Kehadiran Khalif membuat kami (saya dan Ara) menjadi lebih mudah menghadapi “the terrific two”-nya Azka. Karena ketika mulai dihadapkan dengan perilaku anak seusianya yang kadang sangat challenging – keberadaan Khalif membuat kami jadi lebih santai, dalam artian ada yang mem-filter emosi kami; dengan suara tawa dan senyumnya Khalif yang membuat luluh hati ini. Dan bagi Aa-nya, Khalif adalah mainan terbaik, terlucu, dan terpeluk-able.

IMG_0355A brother shares childhood memories and grown-up dreams” ~ unknown

Walau Khalif mungkin bukan menjadi anak terakhir kami (ehem), tapi tentunya kami tidak berencana menambah anak dalam waktu dekat. Sehingga dari sejak Khalif lahir hingga dia 3-4 bulan (sebelum mulai bisa berguling kesana- kemari), tubuh sayalah yang jadi tempat tidur Khalif. Saya ingin selalu dekat dengan dia. Saya ingin detak jantung saya menjadi musik pengiring tidurnya. Dan ketika tiba waktu dimana dia mulai menolak tidur di atas saya (dan saya pun mulai keberatan dengan bobotnya), rasanya seperti kehilangan separuh jiwa saya (lebay, tapi begitulah seorang ibu)- 9 bulan bersama + 3 bulan selalu dalam dekap saya; tentu ada rasa hampa ketika dia memisahkan diri dan lebih memilih merapat ke tembok (huhu).

KhalifIbuHa!

Setahun terakhir ini juga menjadi tahun dimana saya mencium paling banyak seorang manusia dalam 28 tahun terakhir hidup saya (dan sungguh, semua bayi berhak mendapat serbuan ciuman terbanyak dalam tahun pertama hidupnya). Sungguh saya tidak bisa berhenti mencium Khalif. Pipinya. Pangkal lehernya. Pantatnya. Pahanya. Perutnya. Bibirnya – tentu dengan dia kadang sambil membuka mulutnya. Rasanya 1000 ciuman sehari pun tidak cukup! Dan saya tahu, saat-saat menghujani dia dengan ciuman ini akan segera berakhir.  Saya tahu, sebentar lagi dia akan mulai menolak ciuman saya. Sebagaimana hari ini dia mulai menolak, meronta, jika dipeluk dan digendong.

IMG_4820Pertama kalinya ke pantai di Onset Beach, MA

IMG_4752

Ah…. Khalif anak sehat, santun, sholeh, ceria, dan kesayangan Ibu, Papa, dan Aa…. Selamat Ulang Tahun ya, Nak…! Kami semua saya bersyukur atas kehadiran Khalif yang senantiasa memberikan kebahagiaan -yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Kami semua hanya bisa mengucap terima kasih atas hadirmu, Alhamdulillah Ya Allah – atas Khalif. Semoga tahun kedua ini, dan juga tahun-tahun berikutnya, bisa kita lewati dengan lebih baik dan segala cerita kita bisa menjadi sebuah kisah-klasik untuk masa depan ya, Kai. We love you , so so so so so much…! Up to the Pluto (even it’s no longer in our solar system) and back.

Azka

Sebagaimana Khalif, ketika Azka berulang tahun yang ke-3 pada 7 Mei yang lalu,  saya juga merasa gamang (“Azka 3 tahun?!”). Bahkan hal-hal yang ingin sekali saya lakukan untuknya dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari tidak saya realisasikan; “Azka mau apa ulang tahun nanti?”, jawaban Azka selalu sama “Pengen cake firetruck coklat pake atas warna salju” (maksudnya adalah frosting putih/ vanilla), hingga saat ini tidak saya belikan atau saya buatkan kue tersebut. Padahal pintanya sederhana.. Selain saya memang ngga bisaeun bikin, membel kue tesebut mahal pula; $140 saja. Haduh, mending dipake untuk beli buku atau traveling, ya Ka? Rencana outdoor party yang sudah saya idam-idamkan dan cari inspirasi di Pinterest pun berakhir di board saja – karena saya males menyiapkan segala sesuatunya. Oh…

IMG_0286Cukup bahagia dengan Blueberry Crumb Cake buatan Ibu

Di hari ulang tahunnya saya pun hanya berbekal beli cupcake dari Sunrise Bakery. Niat hati hanya ingin nyanyi lagu ‘Happy Birthday’ dan tiup lilin saja di playgroup Artworks bersama teman-temannya Azka yang memang setiap Selasa berkumpul bareng. Tapi ternyata…. anak-anak (dan ortu) yang biasa dateng ke playgroup Azka itu semuanya (kecuali para Chinese) adalah jemaat dari suatu agama yang tidak merayakan hari besar agama apa pun (termasuk Christmas, Thanksgiving dkk) dan birthday/ hallmark celebrations. Sungguh awkward rasanya momen itu. ketika anak-anak itu harus buru-buru pergi ketika saya mengeluarkan cupcakes. Yah, walau menjadi garing keadaannya, tapi sepertinya Azka tidak ambil pusing -dan dia gak ngerti juga- all he wanted is the cupcake. So be it with or without his friends, he didn’t care.

IMG_3827

IMG_3828Dibuatin Bday Card oleh Zoe dan para tutor di playgroup

Azka, Azka…. Happy Bday yang ke-3 ya Nak… Maafkan Ibu dan Papa kalau selama ini banyak sekali kekurangannya sebagai orang tua. InsyaAllah kedepannya Ibu dan Papa bisa lebih baik, lebih sabar, lebih seru dan menjadi tauladan yang baik buat Azka (dan Khalif). Terima kasih sudah menjadi Aa yang baik, yang santun dan dijadikan panutan oleh Khalif dan adik-adik kelak. Terima kasih Aa sudah banyak memberikan kemudahan untuk Papa dan Ibu dalam segala hal. Terima kasih untuk 3 tahun yang sangat berkesan dan penuh kenangan indah ini… Tumbuh sehat, santun, sholeh, bahagia, cerdas, berani, kreatif, penyayang, kuat, selalu ya Ka…! We love you SO much!!

 

IMG_4773Are you ready for the 4th year? YES!

2 thoughts on “Birthday Months

  1. kagum sama ibu dan papa. kagum sama Azka dan dek K. wish you all happiness and Allah blesses. peluk cium dari kami…..

    eh ini maksudnya ayah Al ke papa Ara, bunda ke ibu ya….. #diterangkanmenerangkan😉

    1. Amin aminn, mendoakan kembali The Azhars agar penuh berkah dan kebahagiaan, Amiin.

      Mwah2x secara sporadisss, perihal ayah Al yang kena yaaa…anggap aja amal ya, hahahha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s