Early Intervention

Sudah dua bulan belakangan, Azka mengikuti program Early Intervention (EI) dari Kenedy Donovan Center (KDC) New Bedford. Adapun tujuan program ini adalah untuk membantu anak-anak yang memiliki developmental delays; Early Intervention is a specialized program, certified by the Department of Public Health, that provides services to young children who have or are at risk for developmental delays.

Wait….! Apakah Azka memiliki keterlambatan dalam perkembangan/ pertumbuhan dirinya? Nah, dari hasil test Batelle Developmetal Inventory yang dilakukan oleh KDC, Azka termasuk ke dalam kriteria yang “sedikit” mengalami delay pada domain communication. Nilai yang Azka peroleh adalah 75 dari batas 77 – sementara pada bagian test lain seperti cognitive, personal-social, motor, dll nilainya bagus dan termasuk tinggi. Testnya sendiri dilakukan oleh 4 orang dari KDC, 2 diantaranya mencatat, 1 membacakan instruksi dan 1 melakukan test kepada Azka dengan cara bermain.

IMG_2350Suasana ketika tes

Sejujurnya saya sangat berharap Azka bisa masuk ke kriteria yang mengalami delay agar bisa mendapatkan service gratis ini, hehe. Gratis tentunya karena Azka ada asuransi dari MassHealth. Saya sendiri tidak khawatir sama sekali pada perkembangan speech Azka, karena sejauh ini Azka memperlihatkan progress yang sangat baik pada kemampuannya berbahasa baik Indonesia maupun Inggris. Memang sih, belum lancar sebagaiman anak-anak lain pada usianya, tapi saya yakin pada waktunya dia akan bisa berkomunikasi sama baiknya dengan teman-teman seusianya. Ohya, selain test oleh KDC, Azka juga dites oleh pihak New Bedford Public School, karena jika nantinya Azka masuk preschool pada bulan September mendatang, jika memang dia masuk pada kriteria delay, maka Azka akan mendapatkan service lain yang menguntungkan, seperti bus sekolah gratis dan akan lebih mudah masuk ke sekolah mana pun karena diutamakan. Nyatanya, setelah dites oleh pihak speech specialist dari public school, si Ibu *yang saya lupa siapa namanya* memuji-muji Azka. Dia bilang vocab-nya Azka sangat banyak dan clear, dan dia menambahkan bahwa Azka akan jadi role model yang baik di kelasnya nanti. Akhirnya, Azka ga dapet deh layanan bus sekolah gratis, huhu x)

Singkat cerita, mulai awal Maret – seminggu sekali Azka dikunjungi oleh development specialist dari KDC, namanya Miss Becky. Azka suka sekali dengan Miss Becky….! Walau awalnya saya agak ragu dengan waktu yang dijadwalkan, yakni 1 jam home visit. Wah, 30 menit dengan tutor dari PCHP (Parents-Child Home Program) yang sudah kenal baik dengan Azka saja, rasanya sulit membuat Azka fokus terus menerus duduk bermain, apalagi sejam??

Ternyata dugaan saya salah. Azka bisa bermain dan duduk manis di “mat” yang disediakan oleh Miss Becky. Permainannya macam-macam, dari mulai Playdough, puzzles, blocks, bubbles, dll.  Permainanya sih biasa saja, tapi cara bermainnya memang berbeda. Azka sangat dituntut untuk ngomong (yaiyalah ya). Misalnya untuk puzzle, Azka harus minta satu demi satu gambar puzzle yang diinginkan – lengkap dengan sign language dan ucapan: “I want the sheep, please” – bukan dengan cara menebar puzzlenya di lantai dan membiarkan Azka menyelesaikan puzzlenya sendiri. Begitu juga untuk semua permainan. Seringnya sih, Azka males ngomong, biasalah anak-anak, semakin diberi tekanan dia akan semakin melakukan kebalikan dari yang diminta. Walau begitu dalam sehari-hari saya perhatikan kosa katanya Azka semakin banyak dan sudah bisa menyambung membuat kalimat panjang.

IMG_2978Pada suatu kesempatan, Miss Becky membawa cookie untuk diberi dekorasi 

Sayangnya program ini akan berakhir tepat ketika Azka menginjak usia 3 tahun, yang mana 2 minggu dari sekarang. Saya rada sedikit menyesal sih karena melakukan late referral, kenapa tidak dari dulu mendaftarkan Azka ikut EI ini, karena dalam benak saya – saya tidak ingin menganggap Azka mengalami ‘delay’, kalau saya daftarkan dia berarti saya anggap dia “bermasalah”…! Tapi khan tidak begitu sebetulnya, program ini memberi banyak manfaat, yang utamanya saya senang karena kegiatan home visit seperti ini bagus untuk membiasakan Azka dalam situasi yang terstruktur yang akan bermanfaat bagi dia ketika masuk preschool nanti. Ya sudahlah tak apa, ini juga sudah dapet banyak manfaat dalam 2 bulan terakhir juga memudahkan Azka mendapatkan sekolah di public school. Semoga yang terbaik ya Azka….! Semangat, nak :*

 

2 thoughts on “Early Intervention

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s