Sour Cream Coffeecake

Kemarin malam Ara menghampiri saya, “Bu, chocolate chip cookies-nya Ibu abisin ya?”, saya mengangguk, kemudian dia melanjutkan “Kok Ibu tega sih ngabisin…”, sambilan tatapan matanya nanar menatap isi cookies jar yang kosong melompong tinggal remahan saja yang tersisa (oke, sedikit lebai, hehe). Begitulah situasi malam-malam dimana cemilan gada…..menyebabkan hati GUNDAH😀

Kami memang suka sekali ngemil: Saya suka yang manis-manis (coklat harus tersedia!), Azka suka buah, dan Ara suka banget cemilan yang sifatnya gurih sebangsa chips (keripik kentang) dan kawan2nya (party mix ) yang sangat tidak sehat itu, tapi dia butuh cemilan gurih ini supaya bisa terjaga kala harus bergadang mengerjakan tugas kuliahnya atau membaca tumpukan paper untuk penelitiannya. Si chips disinyalir menyebabkan kenaikkan berat badan papa Ara sebanyak 6 kg dalam kurun waktu satu bulan saja. Tekadnya (kadang) kuat untuk berhenti, dan hasilnya memang cukup menakjubkan turun 2 kg dalam seminggu..! Tapi dengan demikian saya harus menyediakan cemilan pengganti untuk dia agar tidak ngidam si chips lagi. Kadang kala kalau hasrat hidup sehatnya muncul dia akan makan buah-buahan saja sebagai cemilan. Namun si buah nampaknya kurang tempting... Jadi selain buah di rumah harus ada kue, cookies, donat, atau sejenisnya yang manis-manis lah.

Berhubung Ara suka sekali minum kopi -walau akhir2x ini sudah berkurang juga frekuensinya-, saya kepikir membuatkan dia coffeecake yang memang sangat pas dipadankan dengan secangkir kopi hangat! Yaa, tipe-tipe cake yang dijual di gerai kopi.

Resep ini sebetulnya keidean masih dari buku “Your Time to Bake”- nya Robert S. Blakeslee. Kendati demikian saya Googling juga, pengen tau aja resep serupa tapi dengan rating dan review dari para baker lain. Dan dapatlah resep Ina Garten via Food Network. Resep Ina adalah resep anti gagal kalau kata saya….Karena beberapa resep yang pernah saya bikin seperti Banana Cake, Lemon Cake, dan yang satu ini Sour Cream Coffeecake menghasilkan kue yang sangat beautifully rich and moist. Saya cukup pede kalo disandingkan dengan coffeecake dari gerai-gerai itu, enaaakkkk!

Seperti biasa saya menggunakan beberapa substitusi karena ketidaktersediaan beberapa bahan (atau kurang), berikut bahan-bahan dan cara membuat:

Ingredients:

  • 12 tablespoons (1 1/2 sticks) unsalted butter at room temperature
  • 1 1/2 cups granulated sugar  –> I used 1 cup
  • 3 extra-large eggs at room temperature –> Large eggs are fine, or if using Medium use 4
  • 1 1/2 teaspoons pure vanilla extract
  • 1 1/4 cups sour cream –> I used half sour cream, half plain yogurt
  • 2 1/2 cups cake flour (not self-rising) –> I used All Purpose Flour
  • 2 teaspoons baking powder
  • 1/2 teaspoon baking soda
  • 1/2 teaspoon kosher salt

For the streusel:

  • 1/4 cup light brown sugar, packed
  • 1/2 cup all-purpose flour
  • 1 1/2 teaspoons ground cinnamon
  • 1/4 teaspoon kosher salt
  • 3 tablespoons cold unsalted butter, cut into pieces
  • 3/4 cup chopped walnuts, optional –> I used crushed Almonds

For the glaze:

  • 1/2 cup confectioners’ sugar
  • 2 tablespoons real maple syrup

Or just combine 1 cup confectioner’s sugar + 1 tbsp milk –> Saya tidak menggunakan icing/ glaze karena sudah cukup manis si kue. Jadi pake taburan confectioner’s sugar saja sebagai “pemanis”.

Directions

Preheat the oven to 350 degrees F. Grease and flour a 10-inch tube pan/ 13 x 9 inch baking pan.

For the batter: cream the butter and sugar in the bowl of an electric mixer fitted with the paddle attachment for 4 to 5 minutes, until light. Add the eggs 1 at a time, then add the vanilla and sour cream. In a separate bowl, sift together the flour, baking powder, baking soda, and salt. With the mixer on low, add the flour mixture to the batter until just combined. Finish stirring with a spatula to be sure the batter is completely mixed.

For the streusel, place the brown sugar, flour, cinnamon, salt, and butter in a bowl and pinch together with your fingers until it forms a crumble. Mix in the walnuts, if desired.

Spoon half the batter into the pan and spread it out with a knife. Sprinkle with 3/4 cup streusel. Spoon the rest of the batter in the pan, spread it out, and scatter the remaining streusel on top. Bake for 50 to 60 minutes, until a cake tester comes out clean.

Let cool on a wire rack for at least 30 minutes. Carefully transfer the cake, streusel side up, onto a serving plate. (If using the glaze) : Whisk the confectioners’ sugar and maple syrup together, adding a few drops of water if necessary, to make the glaze runny. Drizzle as much as you like over the cake with a fork or spoon.

Ada videonya juga di sini

2 thoughts on “Sour Cream Coffeecake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s